Minggu, 02 Desember 2012

RINDU JEJAK HITAM


RINDU JEJAK HITAM
Adi Putra Jaya
Tengah malam baru saja usai beberapa jam tapi gemuruh bunyi kesunyian masih terdengar keras antara kegelapan. Di antara sela-sela kepenatan tadi siang mereka terjaga untuk lakukan kebiasaan melaksanakan rutinitas seperti malam-malam sebelumnya.
Ada yang aneh tampak nyata di antara senyum seorang ayah di sana, senyum yang jarang muncul dini hari sebab rasa kantuk biasa menyelimuti diri, tapi beda dengan hari ini, di mana keganjalan datang dari kebersamaan, sebuah senyum sungging datang membawa kekompakan, tertawa kecil pun mengiringi sedikit celah para anak yang menompang di teras kehidupan keluarga kecil yang baru mereka kenal belum genap satu bulan.
Negeri ini memang negeri yang sunyi saat pagi sampai tengah hari, apalagi gelap nya malam terasa sangat mencekam bak sebuah mata mengintai dari kejauhan mengisyaratkan sebuah misteri datang dari kegelapan.
Memang negeri ini tanpa penerangan listrik yang datang dari negeri sebelah sebab negeri ini letaknya memang terjal dan berpenurunan yang di pagari oleh sungai dan tebing tinggi. Negeri yang unik tapi menarik, sangat menarik, sebab dari negeri ini, seorang manusia mengerti makna cinta, mengerti makna dunia, mengerti makna derita,. Huh negeri unik, aku rindu semua itu, sebab hitam hidung ku saat rindu, tertinggal senyum dan jejak ku di laman ruangan tempat makan.
Senter kecil, Suluh, dan dama ingatkah dikau  saat temani langkah  menelusuri jembatan kecil lapuk yang berbesi, yang membuat saudara kami hampir hilang kendali. Ingatkah dikau ketika dikau menemani senyum kecil  dalam berdiskusi, ingatkah dikau tatkala melintasi pematang sawah untuk melaksanakan kewajiban sebagai santri yang mondok di sebuah taman kehidupan. Ingatkah dikau ketika asap mu suluh dan dama menghitamkan wajah dan telapak kaki saudara kami saat kegelapan.
Huh,... senter kecil, suluh, dan dama, kami rindu perjuangan kalian, kami rindu tingkah kalian, kami rindu kekompakan kalian, kami rindu pengorbanan kalian, kami rindu semua tentang kalian,.... kami harap kita semua sama, sama-sama rindu jejak hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar